lantschones’s Weblog

Welcome My Freund

Empal Gepuk April 11, 2008

Filed under: Resep — ulantz @ 3:23 am

Empal Gepuk

Lebaran kemaren aku coba bikin empal gepuk, resepnya nemu di internet, trus aku variasi gitu deh. Yang jelas aku ga suka kalo empalnya terasa manis kayak gepung nyonya ong gitu. Aku lebih suka yang berasa asem manis asin, dan resep ini mewakili mauku. Rasanya hmm… enak dong. Aik sekali makan pake nasi doang bisa sepiring mentung plus 5 biji empal, wuih baru kali ini liat Aik makan kayak gitu hehe…

Karena aku kalo bikin sekaligus banyak alias pamalesan.com hehe ini dia resepnya. Lumayan kan kalo sisa bisa masuk freezer hehe :

Bahan:
– 2 kg daging sapi yang bagus (7,5 euro per kilo kalo di Fiysal)
– 400 ml santan (1 kaleng santan thailand) + 250 ml santen kardus thailand juga + ditambah air 200 cc dari sisa-sisa bersihin kaleng dan dus santan
– 8 lembar daun salam
– 4 batang serai, ambil putihnya digeprek
– asam jawa 2 jempol
– 6 sdt garam
– 1 atau 2 sdt royco

Bumbu Dihaluskan:
– 20 butir bawang merah
– 16 butir bawang putih
– 20 buah kemiri
– 120 gr gula merah
– 4 ruas lengkuas memarkan
– 4 sdm ketumbar halus

Cara membuat:
– Rebus daging bersama santan, daun salam, sereh, dan bumbu halus (daging dipotong besar-besar dulu semasuknya di panci)
– masukkan asam jawa, garam dan royco
– Rebus daging pertama pake api sedang sampai mendidih setelah itu pake api kecil sampe betul-betul mateng dan bumbu meresap. Jangan lupa dibolak-balik biar nggak gosong. Pokoknya ngerebusnya lama deh ada kali 1,5 jam.
– Angkat, tiriskan dan potong daging kecil-kecil sesuai serat (lebih enak lagi kalo didiamkan dulu semalam sebelum digoreng
– Setelah itu baru digoreng…nyam..nyam..nyam…enaak!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.